Advertisement Text

 

 

Definition of Advertisement Text (Pengertian Teks Iklan)

What is advertisement text? Advertisement is a text, picture, audio, or video that promotes a product. Dalam bahasa Indonesia, iklan adalah sebuah teks, gambar, audio, atau video yang mempromosikan suatu produk. Produk yang diiklankan dapat berupa barang (goods) ataupun jasa (service).

The Purpose of Advertisement Text (Tujuan Teks Iklan)

What is the purpose of text advertising? Sebenarnya, ada banyak sekali tujuan dari teks iklan. Umumnya, marketers use advertisements to help companies to reach their objectives and increase revenue.

Beberapa tujuan advertisement text yang lain, di antaranya:

  • Mempersuasi pembaca untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Memberikan informasi terkain produk atau jasa yang diiklankan kepada masyarakat luas.
  • Meyakinkan pembaca bahwa produk atau jasa yang dijual benar dan berkualitas.

 

Kinds of Advertisement (Jenis-Jenis Teks Iklan)

Berdasarkan definisinya tadi, advertisement bisa bermacam-macam bentuknya. Ada apa saja sih jenis-jenis advertisement text itu?

1. Text and Picture (Tulisan dan Gambar)

Iklan yang satu ini biasanya banyak kita temui di koran, brosur, atau baliho. Kamu juga bisa melihat banyak iklan berbentuk tulisan dan gambar ini di media sosial.

2. Audio (suara)

Jenis iklan berbentuk suara biasanya umum digunakan di radio atau di podcast. Pasti pernah ‘kan lagi dengerin podcast terus kepotong iklan?

3. Video

Last but not least, iklan juga bisa berupa video yang biasa kamu lihat di televisi atau di Youtube.

Example of Advertisement (Contoh Iklan)

Coba lihat contoh advertisement di bawah ini.

contoh Advertisement

Iklan ini adalah iklan tentang tas sekolah yang sedang memberikan diskon hingga 50% untuk menyambut tahun ajaran baru.

 

Generic Structure of Advertisement Text (Struktur Teks Iklan)

Nah, kira-kira berdasarkan contoh iklan di atas, aspek-aspek apa saja sih yang terdapat di dalamnya? Ada 4 aspek yang biasanya terdapat dalam sebuah iklan. Berikut penjelasannya.

1. Name of the product (nama produk yang diiklankan)

Nama produk biasanya memiliki ukuran tulisan yang paling besar, sehingga pembaca bisa langsung mengenal apa produk yang diiklankan. Seperti pada iklan di atas, terlihat jelas bahwa produknya adalah RG Bag.

2. Description of the product (deskripsi produk yang diiklankan)

Bagian ini berisi informasi yang lebih detail mengenai barang dan jasa yang ditawarkan. Pembaca juga jadi tahu kenapa mereka harus membeli produk yang diiklankan tersebut.

Contohnya pada iklan di atas dijelaskan bahwa “RG Bag is the most comfortable and stylish bag you can use” atau tas yang paling modis atau keren yang bisa kamu pakai. Selain itu, ada informasi juga bahwa RG Bag sedang memberikan diskon “up to 50% on selected items.

3. Contact details (informasi kontak yang bisa dihubungi)

Bagian ini berisi informasi tentang orang yang bisa dihubungi supaya bisa dapat informasi lebih tentang produknya. Info ini bisa berupa nomor telepon, email dan akun media sosial. Bisa juga berupa tempat di mana pembaca bisa membeli produk yang diiklankan seperti alamat web dan alamat toko.

Contohnya iklan di atas memberi tahu bahwa kamu bisa membeli RG Bag di tokonya yaitu di lantai 3 Ruang Mall. Apabila kamu mau mendapat informasi lebih lanjut, kamu juga bisa mengunjungi laman rgbag.com

4. Catchy language (bahasa yang menarik perhatian)

Salah satu ciri dari catchy language adalah penggunaan adjective atau kata sifat yang menarik perhatian.

Nah, kata adjective yang bisa kamu lihat dari iklan di atas adalah kata “comfortable” atau nyaman dan “stylish” atau modis. Dengan dua kata adjective tersebut, iklan ini pun menjadi lebih menarik perhatian.

 

Post a Comment for "Advertisement Text"