Analitical Exposition

 



Teks eksposisi bahasa Inggris adalah jenis teks berbahasa Inggris yang berfungsi menginformasikan kepada pembaca tentang bahasan yang berkaitan dengan fenomena atau isu yang ada. Apa ciri khas yang membedakannya dari teks-teks lainnya? 

Pengertian Analytical Exposition 

Analytical exposition adalah salah satu jenis teks yang menjelaskan pendapat penulis secara rinci terhadap fenomena atau isu yang terjadi tanpa bermaksud memengaruhi pembaca untuk setuju atau melakukan sesuatu. 

Lalu, tujuan analytical exposition text itu apa? Teks eksposisi bahasa Inggris meyakinkan pembaca bahwa topik yang dibahas memang penting untuk menjadi diskusi bersama. Maka dari itu, terkadang penulis menambahkan pertanyaan di akhir tulisan, seperti “Do you agree with this decision?” atau “What do you think about this topic?”

Language Features/Ciri-ciri Kebahasaan Analytical Exposition

Untuk mengenali analytical exposition text dalam bahasa Inggris, kita perlu mengetahui ciri-cirinya. Sama seperti ketika kita bertemu seseorang pertama kali, Sobat. Kita juga memperhatikan ciri-ciri orang tersebut, bukan? Nah, berikut beberapa ciri kebahasaan dari analytical exposition:

Teks ini membahas fakta atau hal yang terjadi di masa kini, sehingga kita perlu menggunakan simple present tense.

Karena akan mengutarakan opini, kita memerlukan kata-kata yang dapat digunakan untuk mengekspresikan apa yang kita rasa atau pikirkan, seperti experience, seem, feel, know, think, realize, sense, dsb.

Dalam proses menjabarkan pendapat, adakalanya kita perlu menghubungkan satu kalimat dengan kalimat yang lain atau satu klausa dengan klausa yang lain. Untuk itu, kita perlu kata penghubung/conjunction.

Berikut kelompok kata penghubung/conjuntion yang dapat digunakan sebagai penghubung antar klausa dan kalimat. Kata-kata hubung ini sering kita jumpai dalam teks eksposisi bahasa Inggris:

Untuk menambahkan ide atau pendapat: in addition to, besides, furthermore

Untuk membandingkan beberapa ide atau pendapat: but, while, vice versa, whereas, meanwhile, on the other hand

Untuk menunjukkan urutan atau waktu: first, then, next

Untuk menunjukkan sebab-akibat: as a result, because, by, consequently, despite, due to, for that reason.

 

Struktur Analytical Exposition

Jika sudah mengetahui garis besar penulisannya, yuk kita lanjut belajar bagaimana menulis sebuah analytical exposition text. Generic structure analytical exposition terdiri dari thesis, arguments, dan reiteration/conclusion.

Thesis

Bagian pertama penulisan teks eksposisi bahasa Inggris yaitu thesis. Kita dapat menuliskan apa yang akan didiskusikan atau disampaikan pada bagian thesis ini.

Kita juga bisa menambahkan apa saja alasan yang menyebabkan fenomena atau sebuah isu terjadi. Tujuannya adalah agar pembaca bisa memprediksi mengapa kita perlu menjelaskan pendapat tentang sebuah topik dalam teks tersebut. 

Bagian thesis pada umumnya terletak di paragraf pertama teks.jelaskan dengan baik pendapatmu di bagian thesis agar pesan dapat tersampaikan dan dipahami pembaca dengan baik.

Arguments

Pada bagian ini, kita sudah bisa menjabarkan topik yang sedang dibahas dengan lebih rinci lagi.

Kita juga bisa menyebutkan lebih dari satu pendapat atau perspektif. Tujuannya agar pembaca lebih memercayai bahwa hal yang sedang dibahas di dalam teks itu matter dan perlu mendapat perhatian lebih.

Pendapat-pendapat yang dijabarkan dalam bagian arguments ini wajib berhubungan dengan apa yang disebutkan di bagian sebelumnya dalam teks, yakni thesis. Maka dari itu, kita perlu fokus dan menghindari pembahasan yang terlalu luas.

Reiteration/Conclusion

bagian ini terletak di paragraf terakhir, yang bisa kita sebut conclusion atau kesimpulan. Di paragraf ini kita dapat memberikan penegasan kembali atas perspektif atau posisi kita terhadap topik yang telah disampaikan sebelumnya.

Contoh Analytical Exposition

Di bawah ini merupakan contoh teks eksposisi bahasa Inggris. 


Example 

The Importance of Reading

I personally think that reading is an important activity in our life. Why do I say so?

Firstly, by reading we can get a lot of information about many things in the world such as science, technology, sports, arts and culture.

Secondly, by reading we can get a lot of news and knowledge about something happening in any part of the world which we can see directly.

Third, reading can give us pleasure. When we are tired, we can read books, newspapers or magazines on the entertainment column such as short stories, comedies or quizzes to make us relax.

Fourthly, reading can also take us to other parts of the world. By reading a book about Irian Jaya we may feel that we’re really sitting in the jungles, not at home in our rooms.

Based on the facts above, it is obvious that everyone needs to read books, newspapers, magazines or others to get knowledge, news, information and also entertainment. In other words, we can say reading is truly important in our life.

Post a Comment for "Analitical Exposition"