RPP KURTILAS KELAS X SEMESTER 1 SMK



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah        : SMK KARNAS SINDANGWANGI
                                       Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
                                       Komp. Keahlian      : Semua Jurusan
                                       Kelas/Semester         : X / I
                                       Tahun Pelajaran       : 2017/2018
                                       Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit
                                       Pertemuan Ke           :1,2,3,4,5,6,7dan 8

1.      Kompetensi Inti *)
·      Pengetahuan

Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
·      Keterampilan

Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

2.      Kompetensi Dasar *)
·         KD pada KI pengetahuan
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive).
·         KD pada KI keterampilan
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks penggunaannya

3.      Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Indikator KD pada KI pengetahuan
1.      Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan  menuliskan pemaparan jati diri yang digunakan.
2.      Menerangkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya
·         Indikator KD pada KI keterampilan
1.      Membuat teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
2.      Mendemonstrasikan teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai


4.      Tujuan Pembelajaran
Melalui proses Mengidentifikasi siswa dapat:
1)      Siswa mengidentifikasi / mendengarkan / membaca pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya
2)      Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan  menuliskan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya

5.      Materi Pembelajaran
·         Asking and giving informations
·         Expressing introduction

6.      Model dan Metode
1.Pendekatan    : Scientific approach ( 5 M )
2.Model              : role play
3.teknik            : observing (video, texts)

7.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke 1

KEGIATAN
WAKTU
A. Pendahuluan
Ø  Salam Pembuka dan berdoa bersama
Ø  Greetings dan responses yang sudah diketahui siswa
Ø  Memberi contoh yang mengarah ke materi memberi dan meminta informasi
Ø  Menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai.
Ø  Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan sederhana berkaitan dengan materi ajar secara lisan sebagai pemanasan/Ice breaker.
10 menit
B.  Inti
Mengamati
Ø  Guru menyampaikan permasalahan tentang bagai mana cara berkomunikasi dalam bahasa inggris
Ø  Guru menanyakan dan menugaskan untuk mencari informasi tentang ukapan ungkapan bahasa inggris untuk memperkenalkan diri
Ø  Siswa memperhatikan / menyimak sebauh tayangan video tentang tindakan perkenalan diri memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga yang disampaikan oleh guru.
Ø  Siswa menggali informasi tentang cara memperkenalkan diri dengan menggunakan ungkapan ungkapan bahasa inggris
Ø  Siswa mendiskusikan ungkapan ungkapan yg sering digunakan dalam memperkenalkan diri
Ø  Berdasarkan hasil diskusi siswa mengidentifikasi ungkapan ungkapan yg sering digunakan untuk memperkenalkan diri.
Mempertanyakan (questioning)
Ø  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain macam macam ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi untuk memperkenalkan diri
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menentukan jenis jenis ungkapan yg digunakan untuk memperkenakan diri.
Ø  Siswa mendiskusikan dan membuat percakapan yg digunakan saat memperkenalkan diri

Mengeksplorasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk melihat beberapa tayangan video tentang memberi dan meminta informasi berkaitan dengan perkenalan
Ø  Siswa mencatat dan membandingkan ungkapan ungkapan yang terdapat pada video tersebut
Ø  Siswa menentukan ungkapan apa yang digunakan pada video tersebut

Mengasosiasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menuliskan ungkapan perkenalan diri  secara kelompok.
Ø  Siswa mebandingkan ungkapan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri
Ø  Siswa menyimpulkan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri dari kelompok lain.

Mengkomunikasikan
Ø  Siswa membuat percakapan sederhana
Ø  Siswa mempresentasikan hasil percakapan memperkenalkan diri secara berpasangan didepan kelas
Ø  Guru membimbing dan menilai pelaksanaan presentasi
Ø  Siswa lain memberikan tanggapan dan masukan
Ø  Guru bersama siswa menyimpulkan dari hasil pelaksanaan presentasi tentang percakapan memperkenalkan diri.

70 menit
C.  Penutup
Ø  (Bersama siswa, guru memberikan pengulangan pada bagian yang   penting dan membuat kesimpulan)
Ø  Doa penutup, salam
10    menit




Pertemuan Ke 2

KEGIATAN
WAKTU
A. Pendahuluan
Ø  Salam Pembuka dan berdoa bersama
Ø  Greetings dan responses yang sudah diketahui siswa
Ø  Memberi contoh yang mengarah ke materi memberi dan meminta informasi
Ø  Menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai.
Ø  Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan sederhana berkaitan dengan materi ajar secara lisan sebagai pemanasan/Ice breaker.
10 menit
B.  Inti
Mengamati
Ø  Guru menyampaikan permasalahan tentang bagai mana cara berkomunikasi dalam bahasa inggris
Ø  Guru menanyakan dan menugaskan untuk mencari informasi tentang ukapan ungkapan bahasa inggris untuk memperkenalkan diri
Ø  Siswa memperhatikan / menyimak sebauh tayangan video tentang tindakan perkenalan diri memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga yang disampaikan oleh guru.
Ø  Siswa menggali informasi tentang cara memperkenalkan diri dengan menggunakan ungkapan ungkapan bahasa inggris
Ø  Siswa mendiskusikan ungkapan ungkapan yg sering digunakan dalam memperkenalkan diri
Ø  Berdasarkan hasil diskusi siswa mengidentifikasi ungkapan ungkapan yg sering digunakan untuk memperkenalkan diri.
Ø   
Mempertanyakan (questioning)
Ø  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain macam macam ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi untuk memperkenalkan diri
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menentukan jenis jenis ungkapan yg digunakan untuk memperkenakan diri.
Ø  Siswa mendiskusikan dan membuat percakapan yg digunakan saat memperkenalkan diri

Mengeksplorasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk melihat beberapa tayangan video tentang memberi dan meminta informasi berkaitan dengan perkenalan
Ø  Siswa mencatat dan membandingkan ungkapan ungkapan yang terdapat pada video tersebut
Ø  Siswa menentukan ungkapan apa yang digunakan pada video tersebut

Mengasosiasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menuliskan ungkapan perkenalan diri  secara kelompok.
Ø  Siswa mebandingkan ungkapan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri
Ø  Siswa menyimpulkan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri dari kelompok lain.

Mengkomunikasikan
Ø  Siswa membuat percakapan sederhana
Ø  Siswa mempresentasikan hasil percakapan memperkenalkan diri secara berpasangan didepan kelas
Ø  Guru membimbing dan menilai pelaksanaan presentasi
Ø  Siswa lain memberikan tanggapan dan masukan
Ø  Guru bersama siswa menyimpulkan dari hasil pelaksanaan presentasi tentang percakapan memperkenalkan diri.

70 menit
C.  Penutup
Ø  (Bersama siswa, guru memberikan pengulangan pada bagian yang   penting dan membuat kesimpulan)
Ø  Doa penutup, salam
11    menit

Pertemuan Ke 3

KEGIATAN
WAKTU
A. Pendahuluan
Ø  Salam Pembuka dan berdoa bersama
Ø  Greetings dan responses yang sudah diketahui siswa
Ø  Memberi contoh yang mengarah ke materi memberi dan meminta informasi
Ø  Menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai.
Ø  Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan sederhana berkaitan dengan materi ajar secara lisan sebagai pemanasan/Ice breaker.
10 menit
B.  Inti
Mengamati
Ø  Guru menyampaikan permasalahan tentang bagai mana cara berkomunikasi dalam bahasa inggris
Ø  Guru menanyakan dan menugaskan untuk mencari informasi tentang ukapan ungkapan bahasa inggris untuk memperkenalkan diri
Ø  Siswa memperhatikan / menyimak sebauh tayangan video tentang tindakan perkenalan diri memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga yang disampaikan oleh guru.
Ø  Siswa menggali informasi tentang cara memperkenalkan diri dengan menggunakan ungkapan ungkapan bahasa inggris
Ø  Siswa mendiskusikan ungkapan ungkapan yg sering digunakan dalam memperkenalkan diri
Ø  Berdasarkan hasil diskusi siswa mengidentifikasi ungkapan ungkapan yg sering digunakan untuk memperkenalkan diri.

Mempertanyakan (questioning)
Ø  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain macam macam ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi untuk memperkenalkan diri
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menentukan jenis jenis ungkapan yg digunakan untuk memperkenakan diri.
Ø  Siswa mendiskusikan dan membuat percakapan yg digunakan saat memperkenalkan diri

Mengeksplorasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk melihat beberapa tayangan video tentang memberi dan meminta informasi berkaitan dengan perkenalan
Ø  Siswa mencatat dan membandingkan ungkapan ungkapan yang terdapat pada video tersebut
Ø  Siswa menentukan ungkapan apa yang digunakan pada video tersebut

Mengasosiasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menuliskan ungkapan perkenalan diri  secara kelompok.
Ø  Siswa mebandingkan ungkapan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri
Ø  Siswa menyimpulkan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri dari kelompok lain.

Mengkomunikasikan
Ø  Siswa membuat percakapan sederhana
Ø  Siswa mempresentasikan hasil percakapan memperkenalkan diri secara berpasangan didepan kelas
Ø  Guru membimbing dan menilai pelaksanaan presentasi
Ø  Siswa lain memberikan tanggapan dan masukan
Ø  Guru bersama siswa menyimpulkan dari hasil pelaksanaan presentasi tentang percakapan memperkenalkan diri.

70 menit
C.  Penutup
Ø  (Bersama siswa, guru memberikan pengulangan pada bagian yang   penting dan membuat kesimpulan)
Ø  Doa penutup, salam
12    menit



Pertemuan Ke 4

KEGIATAN
WAKTU
A. Pendahuluan
Ø  Salam Pembuka dan berdoa bersama
Ø  Greetings dan responses yang sudah diketahui siswa
Ø  Memberi contoh yang mengarah ke materi memberi dan meminta informasi
Ø  Menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai.
Ø  Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan sederhana berkaitan dengan materi ajar secara lisan sebagai pemanasan/Ice breaker.
10 menit
B.  Inti
Mengamati
Ø  Guru menyampaikan permasalahan tentang bagai mana cara berkomunikasi dalam bahasa inggris
Ø  Guru menanyakan dan menugaskan untuk mencari informasi tentang ukapan ungkapan bahasa inggris untuk memperkenalkan diri
Ø  Siswa memperhatikan / menyimak sebauh tayangan video tentang tindakan perkenalan diri memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga yang disampaikan oleh guru.
Ø  Siswa menggali informasi tentang cara memperkenalkan diri dengan menggunakan ungkapan ungkapan bahasa inggris
Ø  Siswa mendiskusikan ungkapan ungkapan yg sering digunakan dalam memperkenalkan diri
Ø  Berdasarkan hasil diskusi siswa mengidentifikasi ungkapan ungkapan yg sering digunakan untuk memperkenalkan diri.

Mempertanyakan (questioning)
Ø  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain macam macam ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi untuk memperkenalkan diri
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menentukan jenis jenis ungkapan yg digunakan untuk memperkenakan diri.
Ø  Siswa mendiskusikan dan membuat percakapan yg digunakan saat memperkenalkan diri

Mengeksplorasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk melihat beberapa tayangan video tentang memberi dan meminta informasi berkaitan dengan perkenalan
Ø  Siswa mencatat dan membandingkan ungkapan ungkapan yang terdapat pada video tersebut
Ø  Siswa menentukan ungkapan apa yang digunakan pada video tersebut

Mengasosiasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menuliskan ungkapan perkenalan diri  secara kelompok.
Ø  Siswa mebandingkan ungkapan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri
Ø  Siswa menyimpulkan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri dari kelompok lain.

Mengkomunikasikan
Ø  Siswa membuat percakapan sederhana
Ø  Siswa mempresentasikan hasil percakapan memperkenalkan diri secara berpasangan didepan kelas
Ø  Guru membimbing dan menilai pelaksanaan presentasi
Ø  Siswa lain memberikan tanggapan dan masukan
Ø  Guru bersama siswa menyimpulkan dari hasil pelaksanaan presentasi tentang percakapan memperkenalkan diri.

70 menit
C.  Penutup
Ø  (Bersama siswa, guru memberikan pengulangan pada bagian yang   penting dan membuat kesimpulan)
Ø  Doa penutup, salam
13    menit

Pertemuan Ke 6

KEGIATAN
WAKTU
A. Pendahuluan
Ø  Salam Pembuka dan berdoa bersama
Ø  Greetings dan responses yang sudah diketahui siswa
Ø  Memberi contoh yang mengarah ke materi memberi dan meminta informasi
Ø  Menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai.
Ø  Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan sederhana berkaitan dengan materi ajar secara lisan sebagai pemanasan/Ice breaker.
10 menit
B.  Inti
Mengamati
Ø  Guru menyampaikan permasalahan tentang bagai mana cara berkomunikasi dalam bahasa inggris
Ø  Guru menanyakan dan menugaskan untuk mencari informasi tentang ukapan ungkapan bahasa inggris untuk memperkenalkan diri
Ø  Siswa memperhatikan / menyimak sebauh tayangan video tentang tindakan perkenalan diri memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga yang disampaikan oleh guru.
Ø  Siswa menggali informasi tentang cara memperkenalkan diri dengan menggunakan ungkapan ungkapan bahasa inggris
Ø  Siswa mendiskusikan ungkapan ungkapan yg sering digunakan dalam memperkenalkan diri
Ø  Berdasarkan hasil diskusi siswa mengidentifikasi ungkapan ungkapan yg sering digunakan untuk memperkenalkan diri.

Mempertanyakan (questioning)
Ø  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain macam macam ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi untuk memperkenalkan diri
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menentukan jenis jenis ungkapan yg digunakan untuk memperkenakan diri.
Ø  Siswa mendiskusikan dan membuat percakapan yg digunakan saat memperkenalkan diri

Mengeksplorasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk melihat beberapa tayangan video tentang memberi dan meminta informasi berkaitan dengan perkenalan
Ø  Siswa mencatat dan membandingkan ungkapan ungkapan yang terdapat pada video tersebut
Ø  Siswa menentukan ungkapan apa yang digunakan pada video tersebut

Mengasosiasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menuliskan ungkapan perkenalan diri  secara kelompok.
Ø  Siswa mebandingkan ungkapan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri
Ø  Siswa menyimpulkan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri dari kelompok lain.

Mengkomunikasikan
Ø  Siswa membuat percakapan sederhana
Ø  Siswa mempresentasikan hasil percakapan memperkenalkan diri secara berpasangan didepan kelas
Ø  Guru membimbing dan menilai pelaksanaan presentasi
Ø  Siswa lain memberikan tanggapan dan masukan
Ø  Guru bersama siswa menyimpulkan dari hasil pelaksanaan presentasi tentang percakapan memperkenalkan diri.

70 menit
C.  Penutup
Ø  (Bersama siswa, guru memberikan pengulangan pada bagian yang   penting dan membuat kesimpulan)
Ø  Doa penutup, salam
14    menit

Pertemuan Ke 7

KEGIATAN
WAKTU
A. Pendahuluan
Ø  Salam Pembuka dan berdoa bersama
Ø  Greetings dan responses yang sudah diketahui siswa
Ø  Memberi contoh yang mengarah ke materi memberi dan meminta informasi
Ø  Menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai.
Ø  Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan sederhana berkaitan dengan materi ajar secara lisan sebagai pemanasan/Ice breaker.
10 menit
B.  Inti
Mengamati
Ø  Guru menyampaikan permasalahan tentang bagai mana cara berkomunikasi dalam bahasa inggris
Ø  Guru menanyakan dan menugaskan untuk mencari informasi tentang ukapan ungkapan bahasa inggris untuk memperkenalkan diri
Ø  Siswa memperhatikan / menyimak sebauh tayangan video tentang tindakan perkenalan diri memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga yang disampaikan oleh guru.
Ø  Siswa menggali informasi tentang cara memperkenalkan diri dengan menggunakan ungkapan ungkapan bahasa inggris
Ø  Siswa mendiskusikan ungkapan ungkapan yg sering digunakan dalam memperkenalkan diri
Ø  Berdasarkan hasil diskusi siswa mengidentifikasi ungkapan ungkapan yg sering digunakan untuk memperkenalkan diri.

Mempertanyakan (questioning)
Ø  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain macam macam ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi untuk memperkenalkan diri
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menentukan jenis jenis ungkapan yg digunakan untuk memperkenakan diri.
Ø  Siswa mendiskusikan dan membuat percakapan yg digunakan saat memperkenalkan diri

Mengeksplorasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk melihat beberapa tayangan video tentang memberi dan meminta informasi berkaitan dengan perkenalan
Ø  Siswa mencatat dan membandingkan ungkapan ungkapan yang terdapat pada video tersebut
Ø  Siswa menentukan ungkapan apa yang digunakan pada video tersebut

Mengasosiasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menuliskan ungkapan perkenalan diri  secara kelompok.
Ø  Siswa mebandingkan ungkapan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri
Ø  Siswa menyimpulkan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri dari kelompok lain.

Mengkomunikasikan
Ø  Siswa membuat percakapan sederhana
Ø  Siswa mempresentasikan hasil percakapan memperkenalkan diri secara berpasangan didepan kelas
Ø  Guru membimbing dan menilai pelaksanaan presentasi
Ø  Siswa lain memberikan tanggapan dan masukan
Ø  Guru bersama siswa menyimpulkan dari hasil pelaksanaan presentasi tentang percakapan memperkenalkan diri.

70 menit
C.  Penutup
Ø  (Bersama siswa, guru memberikan pengulangan pada bagian yang   penting dan membuat kesimpulan)
Ø  Doa penutup, salam
15    menit



Pertemuan Ke 8

KEGIATAN
WAKTU
A. Pendahuluan
Ø  Salam Pembuka dan berdoa bersama
Ø  Greetings dan responses yang sudah diketahui siswa
Ø  Memberi contoh yang mengarah ke materi memberi dan meminta informasi
Ø  Menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai.
Ø  Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan sederhana berkaitan dengan materi ajar secara lisan sebagai pemanasan/Ice breaker.
10 menit
B.  Inti
Mengamati
Ø  Guru menyampaikan permasalahan tentang bagai mana cara berkomunikasi dalam bahasa inggris
Ø  Guru menanyakan dan menugaskan untuk mencari informasi tentang ukapan ungkapan bahasa inggris untuk memperkenalkan diri
Ø  Siswa memperhatikan / menyimak sebauh tayangan video tentang tindakan perkenalan diri memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga yang disampaikan oleh guru.
Ø  Siswa menggali informasi tentang cara memperkenalkan diri dengan menggunakan ungkapan ungkapan bahasa inggris
Ø  Siswa mendiskusikan ungkapan ungkapan yg sering digunakan dalam memperkenalkan diri
Ø  Berdasarkan hasil diskusi siswa mengidentifikasi ungkapan ungkapan yg sering digunakan untuk memperkenalkan diri.

Mempertanyakan (questioning)
Ø  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain macam macam ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi untuk memperkenalkan diri
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menentukan jenis jenis ungkapan yg digunakan untuk memperkenakan diri.
Ø  Siswa mendiskusikan dan membuat percakapan yg digunakan saat memperkenalkan diri

Mengeksplorasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk melihat beberapa tayangan video tentang memberi dan meminta informasi berkaitan dengan perkenalan
Ø  Siswa mencatat dan membandingkan ungkapan ungkapan yang terdapat pada video tersebut
Ø  Siswa menentukan ungkapan apa yang digunakan pada video tersebut

Mengasosiasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menuliskan ungkapan perkenalan diri  secara kelompok.
Ø  Siswa mebandingkan ungkapan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri
Ø  Siswa menyimpulkan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri dari kelompok lain.

Mengkomunikasikan
Ø  Siswa membuat percakapan sederhana
Ø  Siswa mempresentasikan hasil percakapan memperkenalkan diri secara berpasangan didepan kelas
Ø  Guru membimbing dan menilai pelaksanaan presentasi
Ø  Siswa lain memberikan tanggapan dan masukan
Ø  Guru bersama siswa menyimpulkan dari hasil pelaksanaan presentasi tentang percakapan memperkenalkan diri.

70 menit
C.  Penutup
Ø  (Bersama siswa, guru memberikan pengulangan pada bagian yang   penting dan membuat kesimpulan)
Ø  Doa penutup, salam
16    menit

KEGIATAN
WAKTU
A. Pendahuluan
Ø  Salam Pembuka dan berdoa bersama
Ø  Greetings dan responses yang sudah diketahui siswa
Ø  Memberi contoh yang mengarah ke materi memberi dan meminta informasi
Ø  Menyampaikan kompetensi dan indikator yang harus dicapai.
Ø  Memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan sederhana berkaitan dengan materi ajar secara lisan sebagai pemanasan/Ice breaker.
10 menit
B.  Inti
Mengamati
Ø  Guru menyampaikan permasalahan tentang bagai mana cara berkomunikasi dalam bahasa inggris
Ø  Guru menanyakan dan menugaskan untuk mencari informasi tentang ukapan ungkapan bahasa inggris untuk memperkenalkan diri
Ø  Siswa memperhatikan / menyimak sebauh tayangan video tentang tindakan perkenalan diri memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga yang disampaikan oleh guru.
Ø  Siswa menggali informasi tentang cara memperkenalkan diri dengan menggunakan ungkapan ungkapan bahasa inggris
Ø  Siswa mendiskusikan ungkapan ungkapan yg sering digunakan dalam memperkenalkan diri
Ø  Berdasarkan hasil diskusi siswa mengidentifikasi ungkapan ungkapan yg sering digunakan untuk memperkenalkan diri.

Mempertanyakan (questioning)
Ø  Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain macam macam ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi untuk memperkenalkan diri
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menentukan jenis jenis ungkapan yg digunakan untuk memperkenakan diri.
Ø  Siswa mendiskusikan dan membuat percakapan yg digunakan saat memperkenalkan diri

Mengeksplorasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk melihat beberapa tayangan video tentang memberi dan meminta informasi berkaitan dengan perkenalan
Ø  Siswa mencatat dan membandingkan ungkapan ungkapan yang terdapat pada video tersebut
Ø  Siswa menentukan ungkapan apa yang digunakan pada video tersebut

Mengasosiasi
Ø  Guru menugaskan siswa untuk menuliskan ungkapan perkenalan diri  secara kelompok.
Ø  Siswa mebandingkan ungkapan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri
Ø  Siswa menyimpulkan ungkapan yang digunakan untuk perkenalan diri dari kelompok lain.

Mengkomunikasikan
Ø  Siswa membuat percakapan sederhana
Ø  Siswa mempresentasikan hasil percakapan memperkenalkan diri secara berpasangan didepan kelas
Ø  Guru membimbing dan menilai pelaksanaan presentasi
Ø  Siswa lain memberikan tanggapan dan masukan
Ø  Guru bersama siswa menyimpulkan dari hasil pelaksanaan presentasi tentang percakapan memperkenalkan diri.

70 menit
C.  Penutup
Ø  (Bersama siswa, guru memberikan pengulangan pada bagian yang   penting dan membuat kesimpulan)
Ø  Doa penutup, salam
17    menit

8.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran.
1.      Media.
-       Power point presentation
2.      Alat/bahan
-       Laptop
-       Speaker active
-       Proyektor
3.      Sumber belajar
-       Buku Pelajaran Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 1
-       Audio CD/VCD/DVD
-       Suara Guru 



9.      Instrumen Penilaian
1)      Penilaian Pengetahuan
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive).
·   Mengidentifikasi  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
·   Menerangkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi

1.      Meminta dan memberi informasi
2.      Ungkapan meminta informasi perkenalan
3.      Struktur ungkapan meminta informasi perkenalan
4.      Contoh respon ungkapan meminta informasi perkenalan
1.      Siswa dapat menyebutkan ungkapan memberi dan meminta informasi dalam perkenalan
2.      Siswa dapat Menyebutkan ungkapan ungkapan memberi dan meminta informasi perkenalan
3.      Siswa dapat Mengungkapkan respon ungkapan memberi dan meminta informasi Perkenalan

uraian



PG



Uraian
1



3



5





2)      Penilaian Keterampilan
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
4.1   Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar penggunaannya
·   Membuat teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
·   Mendemonstrasikan  ungkapan memberi dan meminta informasi
1.      memberi dan meminta informasi
2.      Ungkapan perkenalan
3.      Struktur ungkapan perkenalan
4.      Contoh respon ungkapan perkenalan
1.      siswa diminta mengidentifikasi macam macam ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi
2.      siswa diminta membuat dialog yang biasa digunakan untuk memberi dan meminta informasi
3.      siswa diminta mendemonstrasikan ungkapan yang digunakan untuk memberi dan meminta informasi didepan kelas secara berpasangan
PG


Uraian


Uraian
1


2


3




10.  Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik Penilaian:
2.      Rubrik Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
Ø  berupa penilaian diri dalam minat belajar kelompok
Ø Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan

2.
Pengetahuan
Tes tertulis  uraian dengan bentuk penilaian kreatifitas


3.
Keterampilan
Kriteria penilaian:
·     Pencapaian fungsi sosial
·     Kelengkapan dan keruntutan struktur teks dalam ungkapan perkenalan diri
·     Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·    Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Unjuk kerja
Ø Melakukan dialog percakapan tentang memperkenalkan diri
Ø Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks  dan unsur kebahasaan dalam membuat dialog percakapan tentang memperkenalkan diri

Pengamatan (observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian
Ø Perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
Ø Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks deskriptif
Ø Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
Ø Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks diskriptif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
Ø Kumpulan hasil tes dan latihan.
Ø Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk:
format khusus yang berisi  komentar.


11.  Instrumen Penilaian Hasil Belajar
RUBRIK PENILAIAN SPEAKING
ASPEK
SKOR
KETERANGAN




Pengucapan
5
Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli

4
Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu

3
Ada masalah pengucapan yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada kesalahpahaman
2
Sulit dipahami karena ada masalah pengucapan, sering diminta mengulang

1
Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisa dipahami


ASPEK
SKOR
KETERANGAN



Tata Bahasa
5
Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa

4
Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna
3
Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
2
Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat
1
Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulit dipahami

ASPEK
SKOR
KETERANGAN






Kosa Kata



5
Menggunakan kosa kata dan ungkapan seperti penutur asli

4
Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidak tepat

3
Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata
2
Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami

1
Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi

                       


ASPEK
SKOR
KETERANGAN


Kelancaran
5
Lancar seperti penutur asli
4
Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalah bahasa
3
Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalah bahasa
2
Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasan bahasa
1
Bicara terputus-putus dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi


ASPEK
SKOR
KETERANGAN




Pemahaman
5
Memahami semua tanpa mengalami kesulitan

4
Memahami hampir semuanya, walau ada pengulangan pada bagian tertentu

3
Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bila bicara agak diperlambat walau ada pengulangan
2
Susah mengikuti apa yang dikatakan.

1
Tidak bisa memahami walaupun percakapan sederhana




LEMBAR PENILAIAN SPEAKING
Nama siswa                    : _________________________
Kelas                              : _________________________

ASPEK
SKOR
TOTAL
50
60
70
80
1. Fluency





2. Accuracy





3. Pronunciation





4. Intonation








Keterangan untuk :


1. Fluency



2. Accuracy



3. Pronunciation



4. Intonation

50
60
70
80
50
60
70
80
50
60
70
80
50
60
70
80
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
Bila terjadi hesitasi
Lancar, tetapi masih ada hesitasi
Lancar
Sangat lancar
Semua ucapan tidak dapat dipahami
Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami
Sebagain besar ucapan sudah dapat dipahami
Semua ucapan dapat dipahami
Hampir semua ucapan tidak benar
Sebagian kecil ucapan sudah benar
Sebagian besar ucapan benar
Semua ucapan benar
Tekanan/irama semua kata salah
Tekanan/irama sebagian kecil kata benar
Tekanan/irama sebagian besar kata benar
Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar


12.  Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
·      Pembelajaran Remidial
Bentuk pelaksanaan pembelajaran remedial:
1.         Pemberian pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda jika jumlah peserta yang mengikuti remedial lebih dari 50%;
2.         Pemberian bimbingan secara khusus, misalnya bimbingan perorangan jika jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%;
3.         Pemberian tugas-tugas kelompok jika jumlah peserta yang mengikuti remedial lebih dari 20 % tetapi kurang dari 50%;
4.         Pemanfaatan tutor teman sebaya.

·      Pelaksanaan Remedial
1.         Remedial dilakukan terhadap kompetensi dasar yang belum mencapai KKM
2.         Pelaksanaan kegiatan remedial maksimal dilaksanakan sebanyak 3 kali dan/atau dihentikan pada saat ketuntasan klasikal mencapai minimal 85%.
3.         Bentuk pelaksanaan pembelajaran remedial 
·      Pengayaan
Pembelajaran Pengayaan:
a.       Identifikasi kemampuan belajar berdasarkan jenis serta tingkat kelebihan belajar peserta didik misal belajar lebih cepat, menyimpan informasi lebih mudah, keingintahuan lebih tinggi, berpikir mandiri, superior dan berpikir abstrak, memiliki banyak minat.
b.      Identifikasi kemampuan berlebih peserta didik dapat dilakukan antara lain melalui: tes IQ, tes inventori, wawancara, pengamatan, dsb.

Pelaksanaan Pengayaan
1) Belajar kelompok
2) Belajar mandiri
3) Pembelajaran berbasis tema
4) Pemadatan kurikulum

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Rosi Stiati. SS, M.Pd
Sindangwangi, 15 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran




Tatang Wiranta, S.Pd


Post a Comment for "RPP KURTILAS KELAS X SEMESTER 1 SMK"